11.22.2015

Persiapan Diri dan Mental: Persiapan Belajar di Luar Negeri

Jasmani yang sehat dan mental yang kuat adalah dua persyaratan penting yang juga harus dimiliki seseorang yang ingin melanjutkan sekolah ataupun kuliah diluar negeri. Apa yang bisa dilakukan seseorang untuk mempersiapkan diri dan mental mereka? Berkut beberapa tips:



1.       Adaptasi sejak dini

Hal yang tentunya harus disadari adalah ketika kita berpindah ke negara lain, tentunya akan ada banyak hal yang berubah. Agar dapat melalui dengan baik perubahan yang terjadi, seseorang harus melakukan adaptasi. Untungnya, seseorang dapat mempersiapkan dirinya untuk mencoba beradaptasi dengan perubahan yang akan diaalami bahkan sebelum orang bersangkutan berangkat ke negara yang dia tuju.

Pertama, kalian bisa belajar dengan mencoba perubahan makanan yang kiranya akan kalian alami disana. Contoh, jika kalian natninya akan pindah ke eropa atau amerika, cobalah dulu mencicipi dan membiasakan lidah dengan tipikal makanan eropa dan amerika ketika masih di Indonesia.

2.       Perubahan Cuaca

Bersiap dengan membawa pakaian yang kiranya nanti diperlukan. Cek musim yang sedang berlangsung di negara yang dituju sehingga pakaian yang dibawa bisa menyesuaikan. Namun jangan juga kebanyak membawa pakaian ya.. hehe

3.       Perubahan perilaku

Perubahana perilaku ini bisa bermacam-macam, bisa dari perubahan cara berinteraksi dengan orang lain. Cara menyara orang lain dan lain sebagainya. Intinya adalah kalian dipastikan akan menemukan sesuatu hal yang baru yang mungkin bagi sebagian orang tabu atau aneh. Namun cobalah untuk open minded, coba lakukan analisa kenapa ada perbedaan dan hormati perbedaan itu.

Contoh lain, misalnya adalah perubahan tingkah laku di dalam kelas. Jika kalian bersekolah di Eropa atau Amerika, jangan kaget melihat mahasiswi/a yang berdebat sengit dengan dosen, namun nanti akhir kelas kembali saling lempar senyum. Selain itu, misalnya didalam kelas, ketika ada perbedaan pendapat tidak perlu meninggikan suara, yang perlu diperkuat hanyalah argumentasi kalian saja.

4.       Perubahan waktu

Jet lag merupakan keadaan yang haru kalian antisipasi sejak dini. Kejala jet lag yang paling sering dialami adalah susah tidur karena perbedaan jam di Indonesia dengan negara yang dituju. Misalnya kalian di Amerika, maka jika di Amerika baru 7 malam, maka di Indonesia sudah jam 7 pagi keesokan harinya.

Hal yang dapat dilakukan untuk menghindari jet lag yang parah adalah dengan tidur di pesawat sesuai dengan jam. Ataupun jika sudah sampai, usahakan tidur sesuai dengan jam. Misalnya, cobalah tahan kantuk ketika di tinggal di Amerika jam 11 siang, walaupun semua teman-teman di Indonesia sudah pada tidur nyenyak, karena di Indonesia sudah jam 11 malam.

5.       Belajar masak

Agar dapat bertahan hidup dan berhemat di luar negeri, memiliki kemampuan memasak sangatlah penting. Kemampuan memasak makanan Indonesia juga akan sangat bermanfaat saat suatu ketika sangat merindukan masakan Indonesia. Hal ini juga akan sangat berguna ketika ada kegiatan kebudayaan dimana kalian bisa menunjukkan rasa makanan Indonesia khas buatan kalian sendiri.

Jadi, mulai sekarang hilangkan lah mental hanya menghadalkan masakan ibu saja, wkwkkw. Saatnya belajar memasak dengan ibu tercinta (atau bapak tercinta).

6.       Perubahan mental yang lain

Akan banyak terdapat perubahan ketika seseorang belajar di luar negeri. Perubahan ini tentunya bisa bersifat positif atau malah sebaliknya. Sehingga kematangan dan kedewasaan seseorang dalam menghadapi perubahan yang dimaksud sangatlah penting. Pahamilah kalian bergaul dimana, jaga diri, jaga mental, dan teruslah berbenah.

Share:

3 comments:

  1. Everyone want to use problems free system and in this scenario your post is really informative and effective. This kind of awareness is very important for every computer user.

    ReplyDelete
  2. Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

    ReplyDelete