11.14.2015

Packing – Tips berkemas untuk keberangkatan ke luar negeri

Sudah menghitung hari kebarangkatan? Ayo saatnya packing! Berikut beberapa tips ya:



1.       Cek maskapai yang digunakan

Cek berapa batasan berat barang bawaan yang bisa dimasukkan baik di kabin ataupun dibagasi. Ini sangat penting, jangan sampai nanti kita ketinggalan pesawat karena di bandara masih harus bongkar-bongkar barang lagi karena kelebihan muatan. Hal ini juga penting agar kita tidak dikenakan biaya tambahan karena kelebihan berat. 

2.       Pastikan barang bawaan aman dan sesuai ketentuan

Untuk memperlancar perjalanan, sebaiknya pastikan barang barang yang dibawa dan ditaruh di koper sudah sesuai dengan ketentuan yang diatur hokum dan ketentuan maskapai. Misalnya, jangan membawa cairan atau gas yang melebihi batas yang ditentukan. Jangan juga membawa benda-benda tajam, ke kabin, misalnya tidak sengaja membawa penggunting, pisau, golok, meriam, sebaiknya benda-benda ini ditinggalkan dirumah saja, hehe. 

3.       Obat-obatan

Kalau kalian memerlukan obat-obatan khusus, jangan lupa membelinya terlebih dahulu di Indonesia, hal ini karena kemungkinan obat yang dimaksud bisa saja sangat mahal di luar negeri atau tidak di jual sebebas di Indonesia. Ingat juga membawa resep atau keterangan dokter bahwa kalian memang memerlukan obat yang dimaksud. 

4.       Perlengkapan Mandi

Saran KW, sertakan perlengkapan mandi di tas gendong yang dibawa ke kabin, hal ini perlu, bila teman-teman harus menempuh perjalanan yang jauh sebelum mencapai Negara tujuan, misalnya dari Indonesia ke Amerika Serikat. Dengan membwa perlengkapan mandi, teman-teman akan bisa cuci muka, gosok gigi di airport sambil transit. 

5.       Perhatikan ketentuan teknis

Perhatikan ketentuan teknis maskapai atau otoritas imigrasi Negara tujuan. Misalnya, untuk US menggembok koper dengan gembok yang sudah berstandar TSA akan menghindarkan gembok kita di potong saat tas hendak diperikasi oleh petugas imigrasi amerika, karena untuk gembok TSA mereka sudah punya masternya.

6.       Makanan kecil dan uang kecil

Membawa makanan di tas gendong juga bagus untuk jaga jaga misalnya di pesawat kelaparan. Daripada kalian pingsan duluan sebelum sampe di Negara tujuan kan, mending bawa sa*i roti aja… hehehe. Jangan lupa bawa uang pecahan kecil (dollar US direkomendasikan, karena hampir bisa digunakan dimana saja), buat beli minum pas transit
 
7.       Bawa bahan bacaan

Kalo kalian hobi baca, dari di pesawat bengong ngga jelas atau tidur mulu, mending baca aja. Bisa juga mencoba ngoborol dengan teman sebangku disamping kalian. Belajar bersosialisasi. Hehe

8.       Charge semua alat elektronik

Jangan lupa charge hp dll, karena kemungkinan di pesawat dan ditempat transit tidak ada tempat charge, setidaknya cukup untuk kasi tau keluarga dirumah kalo sudah sampai dimana. 

9.       Taruh pulpen disaku

Bawa pulpen pada saat ke kabin, ini akan penting ketika mengisi dokumen bea cukai ataupun imigrasi sebelum mendarat di Negara tujuan, siap siap juga pulpennya dipinjem tema sebangkunya, yang dari tadi sudah di ajak ngobrol.. hehe.

1-.   Bawa pakean daerah

Biasanya akan selalu ada kesempatan untuk showcase kebudayaan daerah kita, maupun kebudayaan nasional Indonesia di luar negeri. Oleh karenanya, jangan lupa bawa pakean daerah kalian ya. 

1-  Cindera mata

Siapa tahu ketemu jodoh atau punya banyak teman baik disana kan, alangkah baiknya kalau kalian bisa kasi mereka kenang-kenangan khas Indonesia ke mereka.  

Good luck!
Share:

0 comments:

Post a Comment