11.22.2015

Memilih Universitas dan Jurusan untuk Kuliah di Luar Negeri

Universitas dan Jurusan merupakan rumah kedua bagi seorang mahasiswi/a. Sebagaimana sebuah rumah, sebelum pindahan kerumah yang dimaksud, seseorang harus benar benar mengetahui tipe rumah apa yang diinginkan, fasilitas apa yang diperlukan, dan juga kemampuan dari penghuni baru untuk memastikan bahwa semua urusan yang menyangkut rumah barunya tersebut akan berjalan dnegan lancar.

Berikut beberapa hal yang kiranya dapat dipertimbangkan bagi calon mahasiswi/a baru dalam memilih Universitas dan jurusan untuk melanjutkan studi di luar negeri:

1.      Jenis Universitas

Pada dasarnya di luar negeri ada dua jenis universitas, yang pertama adalah Research university, yaitu merupakan universitas yang lebih mengkhususkan diri pada penelitian. Sehingga pada kampus jenis ini, mahasisiwi/a akan lebih diajari bagaimana cara melakukan dengan baik dan benar. Sedangkan pada tipe kampus yang kedua adalah kampus Applied. Dimana dalam kampus ini lebih menekankan pada pembelajaran biasa sebagaimana umumnya.

2.      Besar Kecilnya kampus

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah besarnya kampus, hal ini tentunya, pada sebagian orang, bisa mempengaruhi kenyamanan dalam melaksanakan studi. Beberapa orang nyaman dengan kampus yang besar dengan mahasiswi/a lebih dari 30000, namun ada juga beberapa diantara kita yang lebih senang dengan kampus yang relatif lebih kecil dan lebih sunyi.

3.       Jenis Housing yang ditawarkan

Ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama apakah kampus menawarkan housing sendiri atau mahasiswa harus mencarinya sendiri. Ini penting, karena kalua harus mencari sendiri, mahasiswi/a harus mempersiapkan dirinya lebih matang lagi sehingga bisa mendapatkan housing tepat waktu.

Kedua, apakah housing yang ditawarkan sesuai dengan yang diharapkan. Apabila jawaban dari pertanyaan pertama diatas adalah iya, maka yang perlu selanjutnya diperhatikan adalah jenis housing yang di siapkan. Salah satu yang penting adalah, apakah di asrama dalam satu kamar bisa berbeda gender atau tidak. Hal ini penting, karena jangan sampe nanti terkejut tenyata punya teman sekamar yang berbeda gender, walaupun bagi sebagian orang hal ini bukanlah sebuah masalah.

4.       Dry atau wet campus?

Khususnya bagi kalian yang merencanakan untuk kuliah di Amerika, disana pada umumnya ada dua jenis kampus, yaitu wet dan dry campus. Pada dasarnya wet kampus adalah kampus yang mengizinkan konsumsi minum beralkohol di dalam atau sekitar area kampus dimana dry kampus merupakan kebalikannya. 



5.       Sistem pembelajaran

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena system yang dipakai kampus yang dituju tentunya akan membantu menentukan baik buruknya kualitas pendidikan yang nantinya akan didapatkan. Sebagai gambaran adan kampus yang biasa seperti di Indonesia, ada juga kampus yang mengembangkan metodenya sendiri, misalnya Maastricht University yang menggunakan system PBL atau Problem Based Learning.

6.       Kualitas, Bahasa dan Tuition fee
Kalau tentang kualitas jangan ditanya lagi, harus kalian pastikan ya! Untuk Bahasa juga harus diperhatikan jangan sampai ternyata kalian hanya mempersiapkan Bahasa Inggris, sedangkan jurusan yang kalian ambil ternyata juga memakai Bahasa lain, contohnya Bahasa jerman. Jadi lihat dengan teliti detail jurusan yang kalian ambil ya.

Tuition fee juga harus diperhatikan, yah kalian taulah kenapa kan? Heheh

7.       Jurusan yang diambil

KW, tidak bisa memberikan gambaran detail tentang bagian ini. Karena hanya mahasiswi/a yang bersangkutan yang tau jurusan apa yang harus diambil. Namun, sebagai gambaran umum perhatikan minat, bakat, passion dan proyeksi tersedianya lapangan kerja untuk jurusan yang diambil
Share:

2 comments:

  1. Great post. All readers will definitely like this post. Looking forward for your next post.

    ReplyDelete
  2. Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that much interesting, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

    ReplyDelete