11.13.2015

Memilih Negara Tujuan untuk Studi

Mungkin terdengar sepele, kenapa harus pusing-pusing mikirin di Negara mana kuliah? Yang penting sudah di luar negeri aja cukup. Nah, semoga saja tidak banyak dari pemburu beasiswa yang berpikiran seperti ini. Karena bagaimanapun juga Negara di mana kita melanjutkan pendidikan dan menuntut ilmu akan sedikit banyak mempengaruh outcome studi yang kita capai nantinya. 



Pada tulisan ini KW, akan sedikit membahas bagaimana caranya menentukan Negara pas untuk melanjutkan studi. Beberapa faktor yang kiranya dapat dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

1.       Letak Geografis

Setidaknya ada dua alasan kenapa letak geografis Negara yang dituju perlu dipertimbangkan dalam memutuskan kuliah di luar negeri. Pertama, semakin jauh letak Negara yang dituju dari Indonesia itu berarti kemungkinan untuk pulang ke RI selama studi, secara ekonomis, menjadi semakin sulit. Walupun banyak dari kalian yang mungkin berpikir “lho, ngapain juga pulang, mending habisin dulu masa kuliah disana kan?”. Sayangnya, walaupun pada dasarnya pemikiran diatas ada benarnya, namun, pada kenyataannya terdapat berbagai keadaan yang memaksa kita harus pulang dalam kurun waktu studi. 

Misalnya, dikarenakan salah seorang sanak keluarga yang sakit, atau ada upacara keagamaan, saudara nikahan dan banyak lagi keadaan lain. Oleh karenanya, kalau kalian tahu, misalnya bakalan ada potensi keadaan yang akan memaksa kalian pulang dalam periode studi di luar negeri, cobalah pertimbangkan untuk memilih Negara yang letaknya lebih dekat ke Indonesia. 

Misalnya, jika kalian memiliki pilihan untuk studi di US dan di Australia, dengan jurusan dan kualitas yang relatif sama. Namun kalian paham bahwa akan ada potensi seperti diatas, pilihan studi di Australia mungkin pilihan yang lebih baik. Hal ini tentunya juga baik, bagi mereka yang studi menggunakan beasiswa dan tidak memiliki kebebasan finansial untuk membeli tiket PP ke Indonesia se waktu waktu.

Alasan kedua, yang mungkin juga cukup penting misalnya adalah letak Negara yang kita tuju dengan Negara Negara lain. Contoh, kalau yang kalian pikirkan selama proses pemilihan Negara yang dituju adalah bagaimana caranya agar saya dapat mengunjungi sebanyak-banyak Negara selama masa studi, mungkin kuliah di salah satu Negara di eropa merupakan opsi yang baik.

2.       Budaya 

Budaya Negara yang dituju juga patut untuk dipertimbangkan dalam memilih tempat studi. Misalnya, kalau sudah tau kalian alergi tingkat tinggi sama tipe makanan barat, kuliah di Negara asia mungkin lebih cocok, hehe. Bahasa juga perlu dipertimbangkan, kalau ada rencanan memperdalam bahasa tertentu, misalnya pengen lancara bahasa Perancisnya, kuliah di Perancis atau di Kanada akan menjadai pilihan yang tepat. 

3.       Iklim

Salah satu hal yang menurut saya penting untuk diperhatikan. Sebagai tropical boy, saya paham mimpi bertemu dengan putri salju merupakan impian para pemuda Indonesia. Tapi jangan lupa mempertimbangkan, kalau kalian memutuskan untuk kuliah di Alaska, US, misalnya, kalian harus paham bahwa kalian akan memiliki hubungan yang sangat mesra dengan putri salju, alias udara dinginnya bisa sampe ngga ketulungan. So get ready!

4.       Kualitas Pendidikan

I am stating the obvious, tujuan utama sekolah keluar negeri pada dasarnya adalah untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Oleh karenanya pastikan Negara yang kalian tuju memiliki kualitas pendidikan yang lebih baik dibandingkan dengan kualitas jurusan yang sama dengan di Indonesia. Jangan sampai kejadian, kalian kuliah di Negara dengan kualitas pendidikan yang sama atau kurang dari Indonesia, ya!



Share:

0 comments:

Post a Comment