11.13.2015

Memburu Housing/Tempat Tinggal untuk Studi di Luar Negeri

LOA dan aplikasi ke kampus idaman sudah beres, beasiswa dambaan sudah ditangan, tiket impian tinggal print doang, lalu apa? Jangan loncat-loncat ngga jelas dulu ya. Saatnya mempersiapkan kehidupan baru di Negara tujuaan. Salah satu cara untuk mempersiapkannya adalah dengan mengurus tempat tinggal, nah kan, belum kepikiran! 


Hal ini jangan sampai kelupaan ya, jangan juga menunda-nunda waktu untuk segera mengurusnya, intinya dalam pengurusan tempat tinggal adalah, lebih cepat lebih baik! Lanjutkan. 

Berikut beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam mengurus tempat tinggal untuk studi di luar negeri.

1.       Beda anak S1, S2 dan S3

Untuk kuliah S1 apalagi dengan beasiswa di luar negeri, biasanya, untuk urusan housing akan diuruskan oleh pihak kampus. Sehingga setelah mengurus urusan administrasi dan print tiket impian, sisanya tinggal menghayal dan melototin kalender aja. 

Beda ceritanya kalau kalian anak s2 atau s3. Dalam beberapa kasus, ada juga beberapa kampus yang dengan senang hati menguruskannya, namun kebanyakan kampus biasanya menyerahkan pengurusan housing kepada mahasiswa yang bersangkutan. Kalo kalian masuk kategori ini, baca tulisan ini sampai selesai ya!

2.       Hubungi kampus dan pemberi beasiswa

Kalo kalian belum tau apakah kampus kalian atau pemberi beasiswa menguruskan housing buat kalian, cara yang paling baik adalah? Jreeeng… jreeeng… Tanya langsung! Hehe… Langung Tanya ke kampus dan pemberi beasiswa apakah mereka kiranya akan menguruskan housing buat kalian, kalau tidak, lanjut ke poin selanjutnya.

3.       Lebih cepat lebih baik

Seperti yang disampaikan diatas, kalau kalian sudah positive bahwa kalian harus mengurus housing kalian sendiri, maka cepatlah mengurusnya, jangan menunda waktu lagi. Ada beberapa keuntungan yang kalian dapatkan bila mengurusnya sedari awal. Pertama, kemungkinan mendapatkan harga lebih murah, dengan mengurusnya seawall mungkin, kalian bisa mendapatkan harga lebih murah, misalnya kalo kalian mulai kuliah pada bulan September dan sudah mulai urus housing dari mulan Mei, kemungkinannya adalah masih banyak terdapat kamar kosong, sehingga harga sewa kamar masih murah. 

Kedua, meminimalisir kehabisan kamar. Dengan logika yang sama dengan diatas, keuntungan ini akan juga kalian dapatkan dengan mengurus housing sedari awal.

4.       Search Housing agent ONLINE di kotamu tinggal

Di zaman serba online seperti sekarang ini, kalian tinggal search kamar idaman kalian melalui situs housing agent online yang beroperasi di kota kalian tinggal. Beberapa situs agent ada yang berbayar juga, jadi siap siap merogoh kocek ya. 

5.       Hubungi PPI kota, keluarga, atau teman

Cek, apakah ada PPI di kota kalian tinggal, atau jika kalian ada teman atau keluarga disana, tidak ada salahnya kalian minta petunjuk mereka untuk mencari housing di kota yang bersangkutan.

6.       Cek group atau page di Facebook

Sekarang ini banyak sekali terdapat group FB yang khusus dibuat bagi mahasiswi/a international yang sedang mau memulai kuliah di suatu Negara atau kota dan sedang mencari housing, jangan lupa untuk search group yang seperti ini ya. 

7.       Hati hati penipuan

Namanya juga online, harus sangat berhati-hati, ada beberapa kasus dimana pelajar ditipu oleh agen, pemilih rumah gadungan, dsb. So time to use your intellectual power here, hehe.

8.       Minta tolong teman untuk cek, atau Skype Viewing

Kalau ada teman kebetulan di kota yang bersangkutan, bisa dimintai tolong untuk cek langsung lokasi kamar yang kalian minati sambil foto-foto. Kalo misalnya ngga ada teman, kalian bisa mencoba meminta agennya untuk melakukan Skype Viewing sehingga kalian secara online bisa melihat keadaan kamar. Kalian juga bisa numpang dulu dirumah teman dalam beberapa hari, kalau misalnya ingin melihat langsung kondisi kamar setibanya di kota tujuan.

9.       Koordinasi dengan teman sekota

Kalau misalnya ada teman lain yang juga akan berangkat ke kampus dan kota yang sama, tidak ada salahnya kalian berkoordinasi sejak dini, siapa tahu teman kalian tersebut telah memiliki info tambahan. Dan akan menjadi poin plus ketika kalian bisa sewa kamar bareng dengan pelajar Indonesia lain, itu artinya kalian bisa pesta indom*e sesampainya di kota impian, ditambah plus plus lainnya. 

1-   Ajak keluarga
Pastikan kamar cukup kalo kalian ajak anggota keluarga ke tempat kalian studi. 

1- Perhatikan lingkungan rumah
 
Usahakan mencari tempat yang relatif aman, jangan di terlalu dekat terminal kereta api, markas genk motor, di bawah gunung berapi, diatas laut, dsb. 

1-  Perhatikan fasilitas 

Perhatikan apakah fasilitas yang disedikan kamar sudah sesuai dengan apa yang kalian inginkan, misalnya ada wifi, kasur (atau apakah kalian dapat kamar kosongan), tv, ac, heater, kulkas, dsb. 

1- Perhatikan perjanjian sewa-menyewa

Sebaiknya sebelum kalian tanda tangan kontrak, kalian harus baca dulu, dan kalo bisa minta kontrak yang dalam bahasa Inggris, jangan ttd kalo belum ngerti isi kontrak apaan, misalnya kalian ttd kontrak dalam bahasa Rusia yang kalian hurufnya tidak mengerti, hehe. 

Let me know if you have question! Good luck!
Share:

0 comments:

Post a Comment