9.06.2015

Langkah Jitu Dapatkan Letter of Acceptance (LoA) dalam Seminggu.


Entah sejak kapan KW ikutan buat judul yang gaul kayak diatas, langkah jitu, cara dasyat, tips top, dll… but anw…

Pic. src: https://theducketts.files.wordpress.com/2011/05/multnomah-acceptance-letter.jpg?w=234&h=300

LoA merupakan dokumen (selembar kertas doang biasanya) yang menandakan seseorang (calon mahasiswi/a) telah diterima di perguruan tinggi di suatu negara. Kalau dalam bahasa Indonesia dokumen ini biasa disebut dengan istilah surat tanda diterima sebagai mahasiswa. 

LoA juga biasanya dibutuhkan oleh para pelamar beasiswa, hal ini dikarenakan beberapa penyedia beasiswa menyaratkan pelamarnya untuk memiliki LoA terlebih dahulu sebelum mengajukan aplikasi. 

Dalam beberapa kesempatan, ada beberapa kawan yang menanyakan bagaimana caranya mendapatkan LoA. Nah dalam tulisan ini KW akan mencoba membahas langkah-langkah agar bisa mendapatkan LoA. 

Sebelum kita membahas bagaimana cara mendapatkannya, ada baiknya kita mengenal lebih terlebih dahulu jenis-jenis LoA. Pada dasarnya ada dua jenis LoA, yaitu :

  • Conditional LoA à Adalah LoA yang diterima oleh seseoarang, dimana status diterimanya masih tergantung pada pemenuhan beberapa syarat yang belum terpenuhi, misalnya calon mahasiswa belum memenuhi syarat minimal score IELTS atau TOEFL. 
  • Unconditional LoA à Adalah LoA yang menandatakan bahwa calon mahasiswi/a tersebut telah memenuhi segala persyaratan agar dapat diterima di universitas yang bersangkutan. 

Nah, sekarang bagaimana caranya mendapatkan selembar kertas ini ? Sebenarnya cara untuk mendapatkannya tidaklah begitu sulit, berikut beberapa langkah yang dapat di perhatikan :

  • 1.       Pastikan kamu sudah tahu universitas yang kamu tuju.
  • 2.       Dengan kemudahan teknologi seperti sekarang ini, kalian tinggal mengunjungi website dari kampus yang kalian tuju.
  • 3.       Pastikan kalian tahu bagaimana proses untuk mengajukan lamaran sebagai mahasiswa ke kampus yang bersangkutan.
  • 4.       Kalau sudah tau proses admission (pelamaran), persiapkan dokumen yang diperlukan, kirim, dan LoA pun kalian akan dapatkan.
Beberapa tips:
  • 1.       Di website kampus yang kalian tuju, pastikan cari bagian yang berhubungan dengan admission, untuk mengetahui bagaimana cara pelamarannya.
  • 2.       Untuk pengiriman dokumen, sekarang ini biasanya dilakukan via online, dengan cara meng-upload dokumen yang diperlukan. Namun untuk beberapa universitas, terdapat juga opsi mengirimkan berkas via post.
  • 3.       Pastikan kalian sudah meng-upload atau mengirim dokumen dengan lengkap dan benar.
  • 4.       Kirimkan email ke pihak kampus untuk menanyakan apakah dokumen sudah diterima atau belum.
  • 5.       Untuk mendapatkan LoA dalam waktu yang singkat, kalian dalam hal ini juga harus proaktif, pastikan terus melakukan korespondensi (tapi jangan terlalu sering juga sih, kayak 5 kali sehari wkwkwk) dengan bagian penerimaan, admission office, di kampus yang kalian tuju. 

Ingat, yang memproses dokumen kalian juga manusia (pada bagian besarnya) sehingga dengan pendekatan yang baik, mudah-mudahan proses admission dan penerimaan LoA bisa dilakukan se-efektif dan se-efisien mungkin. 

Btw, biar nyambung dengan judul, KW melihat langsung beberapa kasus dimana LoA dapat diterima pelamar dalam waktu kurang dari seminggu.

Good luck!

Share:

3 comments: