3.05.2015

Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES)

[OPPORTUNITY]

Masih SMA? Atau punya adik, kakak, keluarga, teman yang masih SMA? Ingin ke US secara gratis dengan beasiswa. Ayo jadi wakil Indonesia di Kennedy Lugar Youth Exchange and Study!



Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh U.S. Department of State kepada siswa SMA atau sederajat, yang bertujuan menjembatani pemahaman dan saling pengertian antara masyarakat negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan dengan masyarakat Amerika Serikat.
Program YES telah dilaksanakan sejak tahun 2003, dan telah mengirim lebih dari 700 siswa Indonesia dan menerima 10 siswa dari Amerika Serikat.
Program YES juga membuka kesempatan bagi siswa difabel (tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa) untuk mengikuti program ini. Program YES memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan. Selain itu peserta program YES diharapkan dapat menjadi duta bangsa, dengan menjembatani masyarakat Amerika Serikat untuk lebih mengenal tentang Indonesia berikut kehidupan dan kebudayaannya.
Selama program, kamu akan tinggal dengan keluarga Amerika, dan bersekolah di SMA setempat. Kamu akan mengalami dan belajar secara langsung mengenai kehidupan di Amerika Serikat. Kamu juga akan memperoleh kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sekitar melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh program YES. Dalam program YES ini kamu akan menjadi duta perdamalan dan persahabatan antara Indonesia dan Amerika Serikat.
Setiap tahun Bina Antarbudaya mengirimkan siswa terbaik yang berminat dan memenuhi persyaratan serta tidak mempertimbangkan perbedaan agama, ras, suku atau latar belakang sosial ekonomi ke luar negeri untuk menjadi duta muda.


Persyaratan peserta :
  • Siswa kelas 1 di SMA/ SMK/ MA/ sederajat
  • Untuk keberangkatan tahun 201
    ​6​
    :
    >> Program AFS lahir antara
    ​​
    01 Agustus 1998 – 01 Agustus
    ​ ​
    2000
     ​
    dan
    >> Program YES lahir antara
    ​​
    01 Januari 1999
    ​ ​
    – 1 Agustus 2000
  • Mendapat persetujuan orang tua dan sekolah Warga Negara Indonesia (untuk peserta YES program: tidak memiliki passport AS, tidak dilahirkan di AS, salah satu orang tua bukan warga negara AS)
  • Sehat fisik, mental dan spiritual (program YES memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki keterbatasan fisik/ difabel)
  • Ikut serta dan lulus pada serangkaian tahap seleksi yang diadakan oleh Bina Antarbudaya.
 
Cara Mendaftar
  • Pendaftar menghubungi chapter terdekat
  • ​​
    Pendaftar membeli PIN pendaftaran di chapter terdekat klik DI SINI
  • Mengaktivasi PIN di alamat website Pendaftaran Bina Antarbudaya: seleksi.bina-antarbudaya.or.id
  • Setelah aktivasi PIN, mulailah mengisi Formulir Online Registration dengan teliti dan lengkap sesuai petunjuk.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi Contact Person Pendaftaran di chapter.

Untuk keterangan lebih lanjut kunjungi: http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/beasiswa/pertukaran-pelajar-yes.html

http://afsindonesia.org/en/pages/kl-yes-program.html

Good luck!

Share:

0 comments:

Post a Comment