2.15.2015

Seputar Seramnya Interview Beasiswa

Selamat ya bagi kalian yang sudah lolos proses seleksi dokumentasi, apapun jenis beasiswa yang kalian sedang incar, selamat ya!
 
Proses interview biasanya memang dilakukan sebagai proses kedua setelah proses dokumentasi terlewati. Bagi para pelamar proses ini merupakan proses yang exiting tapi juga terrifying. 
 
Senang, tapi deg-degan, ada tips ngga Kang?

pic src: www.glassdoor.com


Tidak usah khawatir, interview yang akan berlangsung akan menanyakan dan mengkonfirmasi apa yang telah kamu tulis di form aplikasi kemarin.
Jadi mereka intinya ingin mengenal lebih jauh tentang kamu dan meyakinkan bahwa apa yang kamu tulis merupakan benar adanya.

Apa perlu melakukan persiapan Kang?

Tentu saja, walaupun pertanyaan pasti seputar kamu dan pribadimu, pastinya juga perlu persiapan kan. Persiapan yang paling simple adalah dengan membaca kembali apa yang telah kamu tulis di form aplikasi, hal ini untuk memastikan bahwa apa yang kamu katakan nanti akan juga sesuai dengan apa yang telah tulis.  Persiapan yang lain adalah dengan role playing dengan salah seorang teman berperan sebagai  pewawancara.

Pertanyaannya ngga jelas, coba asal jawab ya Kang?

Wah... Jangan, kalau kalian merasa pertanyaaan yang diberikan pewawancara kurang jelas kamu dengan sopan bisa meminta pewawancara untuk kembali mengulang pertanyaannya, atau bisa juga meminta untuk diberikan pertanyaan dengan kata-kata yang lebih sederhana, hal ini berlaku no matter  what language you guys using in the interview process.

Masih deg-degan, beneran tidak ada tips Kang?

Saran saya, jawahlan dengan tenang, yang penting dalam phase ini adalah penguasaan diri. Tampil lah dengan dengan tenang, sopan, percaya diri, dan jujur. Mudah-mudahan nantinya mendapatkan hasil yang terbaik ya.

Muka pewawancaranya serem?

Oalah.... ini merupakan perang mental! Ayo tunjukkan MERAHmu (dengan sopan)!

Wah ternyata, ngga begitu serem ya Kang! Btw, perlu jabat tangan ngga ya Kang? Biar sopan?

Itu sangat tergantung situasi. Saran, untuk pertama datang, ikuti saja gaya mereka, kalau mereka menjulukan tangan maka sambutlah. Untuk pas selesai wawancara, saya kira kamu sudah bisa membaca suasana apakah akan berjabat tangan atau tidak.

Belum menjawab rasa ragu atau masih deg-degan? Ketimbang saya membabi buta mencoba menebak pertanyaan kalian, bagi yang masih ragu silakan tanyakan kegalauan-nya dengan komen dibawah ya! 

Ingat! Proses interview biasanya merupakan proses kedua, jadi dengan kata lain kalian sudah menyisihkan sebagian pelamar lainnya, you already are a WINNER! Make it count!

Good luck!



Share:

0 comments:

Post a Comment