5.15.2013

Sudah tidak zamannya lagi mendengarkan lagu bajakan, gunakan ini!

Hi kawan-kawan musikers, apa kabar semua ?
 
Kali ini Kakang ingin berbagi bagaimana caranya untuk menghentikan kebiasaan mendengarkan ataupun mendownload lagu bajakan melalui internet. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, akhirnya manusia dapat menemukan jalan tengah untuk menghentikan perdebatan masalah lagu bajakan dan tentu saja hak cipta dari lagu tersebut. Namun, seperti biasanya, setelah menemukan jalan tengah, masalah selanjutnya adalah bagaimana mensosialisakan dan mengubah kebiasaan yang ada di tengah-tengah masyarakat.
src: play.google.com
Sepengalaman Kakang, ada beberapa alternatif untuk mengdengarkan lagu yang diinginkan tanpa harus mendownload lagu tersebut secara ilegal. Alternatif tersebut antara lain :

1.       Spotify
2.       Last.fm
3.       Pandora
4.       SoundCloud

Berikut Screenshots dan juga penjelasan dari keempat alternatif diatas.



Spotify merupakan aplikasi streaming lagu melalui internet, setelah melakukan registrasi, pengguna dapat melakukan streaming lagu yang diinginkan, dapat melihat playlist, mem-follow ­pengguna lain, dan lain sebagainya. Untuk menggunakan Spotify, kawan-kawan cukup melakukan pencarian di kolom search  di FaceBook teman-teman dengan kata kunci Spotify, hal ini akan mengalihkan teman-teman ke pop-up untuk melakukan instalasi.

src: sysout.be

Last.fm merupakan sebuat aplikasi untuk stremaing lagu yang penggunaannya mirip dengan sebuah radio, jadi kemungkinan tidak bisa langsung streaming lagu yang diinginkan karena harus melihat persediaan station  yang ada. Untuk info lebih lanjut dan instalasi, silakan langsung kunjungin situs resmi Last.fm.

src: itunes.apple.com
Pandora, merupakan apps yang lumayan terkenal di iOS, apps ini berfungsi kurang lebih seperti Last.fm, untuk menggunakan di ­platform  ini teman-teman harus memiliki iDevices terlebih dahulu.

src: play.google.com
SoundCloud, merupakan sebuah aplikasi online yang unik, karena selain dapat melakukan streaming lagu, teman-teman juga dapat meng-upload ­ lagu teman-teman sendiri yang nantinya dapat diperdengarkan di seluruh jagat internet. Untuk informasi lebih jelas dan registrasi sila langsung kunjungi situs resmi SoundCloud.


Dari uraian diatas, on a personal note, Kakang dapat menyimpulkan bahwa Spotify merupakan aplikasi yang terbaik untuk streaming lagu, selain lebih akurat, jika teman-teman punya duit lebih, nantinya dapat meng-upgrade akun teman-teman sehingga dapat mendownload lagu yang teman-teman inginkan sehingga dapat mendengarkan lagu tanpa harus online terlebih dahulu.

Untuk mengakhiri Kakang ingin menyampaikan bahwa, for some reasons, I am not a big fans of copyrights and stuffs. Tapi alangkah lebih baik lagi kalau menjadi orang yang patuh hukum dan men­-support penyanyi atau band yang teman-teman idolakan dengan tidak mendownload atau mendengarkan lagu bajakan mereka.

Seperti biasa, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar dibawah! 

Enjoy and Good Morning !


Share:

2 comments:

  1. sudah saatnya generasi saat ini melek HKI. yuk belajar lebih jauh tentang pentingnya perlindungan intellectual property Indonesia baik itu pendaftaran merek, desain industri,hak cipta, paten, dll.link berikut dapat menambah wawasan kita tentang hal tersebut. http://www.ipindo.com/

    ReplyDelete