10.10.2012

Proses Seleksi Global Ugrad – Persiapan Untuk Para Calon Ugrader!


UPDATE:

1. Proses seleksi program Global UGRAD 2015 sudah dibuka, baca artikel berikut:
http://www.kakangweb.net/2015/01/seleksi-program-global-ugrad-2015-sudah.html

2. Untuk mengetahui lebih jauh tentang program ini, teman-teman juga bisa gabung grup berikut:
https://www.facebook.com/GlobalUgradIndonesia

3. Selamat ya bagi kalian yang sudah lolos proses seleksi dokumentasi, apapun jenis beasiswa yang kalian sedang incar, selamat ya!
Berikut sebuah artikel tentang betapa "seram"nya sebuah interview. hehe
http://www.kakangweb.net/2015/02/faq-seputar-interview-beasiswa.html





Good luck!

Hi kawan-kawan apa kabar?

Pendidikan seperti yang saya sering bilang di blog ini, merupakan hal yang sangat penting. Begitu juga dengan kesempatan untuk menimba ilmu di luar negeri. Jika memang masih ada kesempatan mengapa tidak digunakan semaksimal mungkin?

Global Ugrad merupakan salah satu program Full Scholarship yang sangat mantap untuk dicoba. Beberapa kawan bertanya kepada saya bagaimana proses seleksi program ini, oleh karenanya saya ingin sharing proses seleksi yang telah saya alami sendiri. Tulisan ini sengaja saya tulis dalam bahasa Indonesia dengan harapan dapat menjangkau lebih jauh teman-teman yang ada di Indonesia, jangan sampai bahasa inggris menghalangimu untuk menjadi lebih baik. 

Syarat dan Proses Seleksi

            A. Syarat untuk Mendapatkan Beasiswa Global Ugrad

1.      Warga negara yang berpartisipasi dalam Beasiswa ini
2.      Apply melalui US Embassy atau Fulbright Commission (AMINEF) di negara masing-masing. Mahasiswa terpilih pada dasarnya berdasarkan pada academic excellent, leadership potential, dan kesiapan untuk belajar di Amerika.
3.      Tercatat sebagai mahasiswa universitas di Indonesia (public atau  private) dengan berbagai jurusan minimal sudah menyelesaikan satu tahun akademik (2 semester) dan tidak sedang menempuh tingkat akhir (semester 6 keatas).
4.      Mempunyai nilai TOEFL minimal 500 atau IELTS 5.0 tidak lebih dari 2 tahun
5.      Tidak atau hanya sedikit mempunyai pengalaman pergi ke Amerika
6.      Setiap applicant harus memilih satu atau dua semester untuk belajar di Amerika
7.      Dokumen lengkap harus dikirim ke AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) sebelum 1 November setiap tahunnya.


B. Proses Seleksi dalam Penerimaan Beasiswa

1.      Proses Seleksi Dokumen (Agustus – November) à Merupakan proses pertama yang harus dilakukan. Pada proses ini para peserta wajib untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang diminta oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Untuk tahun ini terdapat sekitar 350 lebih peserta yang mendaftar dan berasal dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia. Beberapa dokumen yang wajib disiapkan pada tahap ini diantaranya:

a.      Completed, signed Global Undergraduate Exchange Program application form.
b.      Personal statement in English, 350-500 words, typed.
c.       A copy of the data/photo page.
d.      Official transcripts for years of university study (with English translations).  With grade equivalences to U.S. University  grading system.
e.       Official results of the national general secondary school leaving exam.
f.         Three letters of recommendation from teachers/professors, including one from the candidate’s secondary level institution (with English translations).                                                             
g.      TOEFLâ, ITPâ, or other standardized English test score report, minimum 450, 500 or higher preferred.
h.      Two photocopies of passport-size photo.  

2.      Proses Interview (November – Desember) à Apabila peserta bisa melewati proses seleksi dokumen, maka tahapan selanjutnya adalah tahapan interview atau wawancara. Untuk tahun ini hanya sekitar 10 orang yang lolos sampai tahap wawancara. Tahap wawancara ini dilakukan di kantor AMINEF di Jakarta. Wawancara ini pun dilakukan oleh AMINEF, mantan penerima beasiswa, akademisi dari Indonesia dan juga akademinis dari Amerika Serikat.





3.      Proses Pembuatan Passport (Januari) à Apabila peserta lolos proses interview, maka selanjutnya peserta akan diminta untuk membuat passport.

4.      Proses Test Internet Based Test (IBT) Toefl (Februari – Maret) à Setelah Proses wawancara selesai, diumumkan sekitar 7 orang yang lolos dan akan mengikuti Test IBT Toefl. Test ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilewati oleh peserta yang sudah lolos tahapan wawancara. Pada tahapan ini peserta harus mampu untuk melewati standar yang sudah ditetapkan oleh AMINEF.

5.      Pre Departature Process (April – Mei ) àPada tahapan ini yang lolos hanya 5 orang peserta saja. Peserta yang mampu melewati Test IBT Toefl dalam standar yang telah ditetapkan akan diundang untuk melakukan Pre-Departure Process yang pada tahun ini dilaksanakan di Lombok. Pada tahapan ini para caon penerima beasiswa akan diberikan beberapa arahan perihal cara belajar dan bersosialisai di Amerika Serikat. Pada tahapan ini para peserta juga akan diberitahu nama institusi atau universitas tempatnya akan melakukan studi di Amerika Serikat.

6.      Medical Check Up (Juni) à Peserta yang telah melalui semua proses diatas selanjutnya akan diminta untuk melakukan tes kesehatan. Hal ini merupakan salah satu syarat penting yang harus dipenuhi oleh para peserta penerima program pertukaran mahasiswa ini untuk memastikan bahwa para peserta dalam keadaaan sehat. Adapun beberapa test kesehatan yang harus dilakukan diantaranya:

Frequent or severe headaches
Epilepsy or seizures
Stroke
Hearing impairment
Tooth or gum disease (periodontal disease)
Asthma, emphysema, persistent cough, or other lung conditions.
Tuberculosis
High blood pressure
Gynecological disorder
Other hormonal disorders, incl. thyroid
Diabetes mellitus (high blood sugar, sugar in urine)

Fainting spells (syncope)
Heart condition incl. arrhythmia, angina, heart attack, murmur, and heart failure
Eye disease or vision impairment (other than corrected refractive error)
Severe allergies, including environmental, insect stings, food, and medication
Tropical diseases, incl. malaria, amoebiasis, leprosy, filariasis, etc.).
Depression, anxiety, excessive worry, schizophrenia, psychosis
Drug or alcohol abuse
Sickle cell anemia, excessive bleeding, blood clots or other blood disorder
Cancer in any form
HIV infection, AIDS
Severe skin disorder

Head and neck
Hearing Acuity
Visual Acuity (with corrective lenses, if
used)
Lungs and chest
Heart and vascular system
Abdomen
Breasts
Genitourinary/Gynecologic
Musculoskeletal
Lymphatic
Neurologic
Skin
Psychiatric










(Sudah Terlewati)




7.      Proses Pembuatan Visa (Juni) à Proses pembuatan Visa merupakan sebuah proses terakhir yang harus dilewati oleh para peserta dalam mengikuti proses penerimaan beasiswa ini sebelum berangkat ke Universitas tempatnya belajar di Amerika Serikat.

8.      Pemberangkatan (Agustus) à Peserta akan diberangkatkan dan akan pulang kembali ke Indonesia sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya oleh AMINEF.


Informasi dan form aplikasi untuk program Ugrad lebih lengkap dapat dilihat disini! Ayo tunggu apa lagi!
Jika ada yang kurang jelas atau ada pertanyaan lain, silakan komen di bawah tulisan ini ya.... :) 

Good luck,
 


Share:

79 comments:

  1. 1. surat rekomendasi dari dosen atau profesor dari kampus masing-masing itu 2 atau 3 ya?
    2. kira-kira misalnya IPK saya di tahun pertama kuliah di atas 3,5 tetapi di tahun kedua nilainya turun drastis jadi hanya 2,93 saja bisa lolos seleksi berkas tidak ya? terima kasih banyak!

    ReplyDelete
  2. Halo Siti,

    1. Untuk surat rekomendasi, biasanya 2 dari dosen universitas dan 1 dari guru SMA.
    2. Untuk IPK saya rasa tidak ada masalah, karena lolos tidaknya tidak hanya ditentukan oleh IPK.

    Semoga menjawab, semangat apply-nya..... eheehhe

    ReplyDelete
  3. Di aplikasinya ada form untuk mengisi data passport, memangnya kita harus sudah punya passport ya?

    ReplyDelete
  4. Halo riA,

    Jika memang belum punya pasport tidak menjadi masalah. Kamu bisa mengisi dengan dokumen yang kamu punya dulu, KTP misalnya, nanti jika sudah lolos proses selanjutnya baru pasport akan menjadi prasayarat.

    Semoga menjawab.

    ReplyDelete
  5. terima kasih mas.. 1 lagi nih yng mau saya tanya, kira" masalah ga ya kalau foto yang saya lampirkan itu menggunakan kerudung? thx.

    ReplyDelete
  6. Dear riA,

    Sama sekali bukan masalah itu. :)

    ReplyDelete
  7. bang, mau nanya ni, kalau nilai toeflnya belum keluar gimana? ica udah semester 5 ni, kesempatan terakhir ncoba ugrad. kira2 boleh nyusul gag tu nilai toefl ??

    ReplyDelete
  8. Hi Khairun,

    Kapan keluar hasilnya?
    Aku rasa ga masalah, nanti diberitahukan saja kalau kamu sudah test, tapi masih nunggu hasilnya keluara, itu test IBT ya?

    ReplyDelete
  9. Kang, mau nanya. Kalo gak salah pernah baca (lupa baca dimana) semua dokumen difotokopi jadi 3, dimasukkin ke 3 amplop, kecuali surat rekomendasi dimasukkin ke amplop sendiri. Itu bener gak ya kang?

    terus kang. Maksudnya fotonya harus fotokopian itu apa ya? dan di bagian recommendation letters, title disitu maksudnya gelar apa jabatan orang yang nulis surat rekomendasi kita ya kang? kalo cuma punya nomer hape orangnya bisakah bagian lain gak diisi kang?

    Lagi nih kang. Di bagian educational background, kolom degree received sama GPA untuk SMP sama SMA kita isi apa ya kang? Maksudnya gaps in your education tuh kalo gak naik kelas apa gimana kang?

    Makasih banyak ya kang atas jawabannya. Wish me luck!

    ReplyDelete
  10. Hi There,

    Namanya siapa ne?

    1. Seingatku yang dikirim itu cuma satu rangkap saja, dan surat rekomendasi juga jadi satu amplop dengan berkas yang lain.

    2. Maksudnya jangan foto yang dicetak, jadi fotonya di-insert ke Word, lalu print.

    3. Title: itu gelarnya

    4. Semua pertanyaan dan syarat harus diisi.

    5. Nilai rata-rata Ijazah

    6. Pernah berhenti sekolah tidak, bukan tidak naik kelas.

    Semoga membantu kawan.

    ReplyDelete
  11. Maaf mas, mau nanya lagi karena masih banyak yang bingung :D

    1. Kita harus isi bagian calendar academic dengan apa ya? Tahun hitung calendar academic di kampus? Misalnya September 2012 – August 2013?

    2. Ada pertanyaan mata kuliah yang mau kita ambil sesuai jurusan dan di luar jurusan kita, nah memang mata kuliah di sini sama dg US ya? Saya takut salah isi.

    3. Yang perlu translate english cuma transkrip nilai kuliah aja atau ijazah jg?

    Makasih banyak ya mas :)

    ReplyDelete
  12. Hi riA,

    1. Iya
    2. Ada yang sama ada juga yang beda.
    3. Ijazah juga

    Semoga menjawab

    ReplyDelete
  13. Kang, mau nanya nihh. Biasanya pengumuman hasil interview-nya berapa lama setelah interview sih? Trus apa yg gak lulus tahap interview bakal dikabarin juga?

    ReplyDelete
  14. Halo there...

    1. Biasanya 2-4 minggu. Lumayan cepat kok.
    2. Biasanya bagi kawan-kawan yang tidak mendapatkan email balasan dalam cakup waktu diatas secara otomatis tidak lolos.

    Semoga menjawab!

    ReplyDelete
  15. Kang aku mau nanya, aku mahasiswa semester 4 nih berarti ini my last chance di ugrad dong?
    -__-

    ReplyDelete
  16. Halo,

    Setahuku untuk dapat mendaftar pada program UGRAD, kamu harus semester 3 atau 5. :)

    Semoga menjawab

    ReplyDelete
  17. hey i.w.a.s
    itu prosedurnya sampe agustus ya? lama bgt dong ya
    kata tmn aku dulu dia lolos ugrad, ngurusin pas semester 3 brgkt semester 4 kak._.

    ReplyDelete
  18. oiya mau nanya satu lagi kak
    ntar klo misalnya udah lolos kta disuruh milih 1 semester/2 semester kak? atau itu ditentuin sama AMINEFnya kak?

    ReplyDelete
  19. @Anom,

    Iya nanti akan ditanyakan. Itu tergantung dari persetujuan pelamar beasiswa.

    Semoga membantu.

    ReplyDelete
  20. Halo saya widya , mau nanya :)

    1. ngisi applicationnya harus diketik atau boleh tulis tangan ?
    2. emergency contact information yang di US itu di isi apa kalau nggak ada kerabat yang di US ? kedutaan indonesia gitu bisa ? :D

    terimakasih .

    ReplyDelete
  21. Hi Widya,

    1. Diketik
    2. Kalau tidak ada keluarga di US, itu tidak perlu diisi.

    Semoga menjawab

    ReplyDelete
  22. Salam kenal mas,
    saya wahyu,mau tanya,

    d form ad tulisan :
    Mailing: (if different, e.g. PO Box)

    apa kita harus ke kantor pos utk menyewa ato diisi dengan kode pos saja?
    karena setau saya po box itu kotak yg disewakan di kantor pos..

    ReplyDelete
  23. mas kira-kira boleh kasih tipsnya biar lolos seleksi dokumen? trmksh

    ReplyDelete
  24. kang, mau nanya buat toefl kalo pake toefl preparation nya lia bisa ga? makasi sebelumnya

    ReplyDelete
  25. @jebenzomooi,

    kalau tempat surat-menyurat kamu berbeda dengan tempat tinggal diisiin, kalau sama tinggal diisi dengan alamt tempat tinggal. :) semoga membantu

    @anom 1

    tips untuk bagian mananyan ne? :)

    @anom 2,

    toefl prepartion itu biasanya tidak diterima, yang diterima, PBT, CBT, IBT saja. Semoga membantu :)

    ReplyDelete
  26. Hallo Mas,
    1. "Official results of the national general secondary school leaving exam." Apakah ini artinya ijazah kita sewaktu SMA dalam Bahasa Inggris dan dilegalisir?
    2. Apakah ada ketentuan harus SMA atau Lulusan SMK/Madrasah pun bisa menjadi aplikan?
    3. "With grade equivalences to U.S. University grading system." Perihal bagian ini, bukankah grading system di Universitas di Indonesia sudah sama dengan Universitas di U.S. sehingga kita hanya perlu mengubah transkripnya menjadi berbahasa Inggris?
    4. Apakah sertifikat TOEIC bisa diterima?
    5. Selama beberapa tahun terakhir, mahasiswa dari jurusan/program studi apa saja yang sudah pernah diberangkatkan ke U.S. melalui program Ugrad ini?
    Maaf menghujani banyak pertanyaan, semoga berkenan memberikan sedikit pencerahan.
    Terima kasih :-)

    ReplyDelete
  27. Terimakasih sebelumnya atas tulisan kakak ini, sangat membantu kami yang ingin berpartisipasi dlm Global Undergraduate Exchange Program ini.

    Saya ada pertanyaan kak, untuk application form, untuk pengisian nya itu di print lalu diisi dengan tulisan tangan, atau diketik melalui komputer ya kak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Halo kak, mau tanya itu didalam form kan ada yang harus mencentang, apakah dilakukan dengan ketikan di komputer juga? Thanks :D

    ReplyDelete
  29. Selamat siang kak, saya mau tanya ...
    dalam form itu ada "Major field of Study" termasuk untuk tingkat SMP, sedangkan waktu SMP, saya belum ada major spesial .. diisi bagaimana ya kak? mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
  30. Untuk signature/ tanda tangan, di isi setelah di print kan kak? trima kasih sekali

    ReplyDelete
  31. Kawan-kawan, sebelum komen mohon diisi namanya terlebih dahulu ya. Biar kita lebih enak ngobrolnya terima kasih.

    Here we go:

    Anom 1:

    1. Iya
    2. Saya pikir tidak ada
    3. Iya, sama
    4. Saya sarankan menggunakan Toefl jenis, pbt, cbt atau ibt
    5. Hampir semua jurusan ada, i.e. hukum, sastra, ekonomi, etc

    anom 2:

    Diketik, jangan tulis tangan

    anom 3:

    Iya benar

    anom 4:

    itu rasanya dikosongkan saja.

    anom 5:

    iya benar. atau bisa signature di word. :)

    Semoga membantu kawan, good luck :)

    ReplyDelete
  32. terimakasih sekali atas jawabannya kak ..

    ReplyDelete
  33. Mas..31 Juli 2013 saya bru aja bayar SPP tuk Semester 7..saya mw nanya..saya msih da kesempatan tk ikut beasiswa AMINEF??

    ReplyDelete
  34. mas,untuk nilai rata-rata ijazah itu untuk keseluruhan mata pelajaran atau hanya UN saja?

    ReplyDelete
  35. @Wahyu
    Tampaknya untuk program Global Ugrad sudah tidak bisa, tapi untuk program yang lain dan memastikan silakan langsung hubungi Aminef ya.

    @Jebenzomooi
    Kalau tidak salah itu untuk keseluruhan, coba cek di aturannya ya. Good luck

    ReplyDelete
  36. mas,gimana kalau misalnya guru SMA yang 'mengenal' kita udah pensiun. apakah masih dianggap sebagai guru SMA? atau harus guru yang masih aktif mengajar saja?

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  37. salam kenal
    sy Raisa
    kalau udah smester 6 ke atas tidak boleh ikud, klu ikusnya smester 8 sekalian (setelah beres skripsi) bisa nggak ya? hhe... penasan pengen tahu apa sih pertimbangan/alasan knp ga blh diatas smster 6. huhu...
    atau mas pnya info beasiswa yang persyaratannya mirip2 beasiswa ini tp untuk smster 6 ke atas (soalnya ak banyak searching beasiswa tp persyaratanya sgt jauh u/ bs aku penuhi: IPK diatas xxx. hhe)
    terimakasih

    ReplyDelete
  38. @Faizal:

    Sebaiknya cari dari guru yang masih aktif ya....

    @Raisa:

    Saya rasa untuk program ini sudah tidak bisa. Saya rasa Aminef juga punya program lain, sila langsung ke website Aminef ya... tapi kemungkinan persyaratannya agak berbeda. Semangat!!!

    ReplyDelete
  39. kak, saya mau tanya
    "A copy of the data/photo page." itu maksudnya apa ya? apakah fotokopi kartu identitas, foto saja atau bagaimana?

    kemudian, apabila itu adalah pas foto, ukuran berap ya? terima kasih kak

    ReplyDelete
  40. @Anon,

    Itu copy passport maksudnya dik, yang isi data diri dan photonya.

    ReplyDelete
  41. pertanyaan-pertanyaan yang umumnya muncul ketika interview?

    ReplyDelete
  42. @ El Azhar

    Pertanyaan umumnya pertanyaan tentang apa yang kamu tuliskan di form aplikasi dan tentang dirimu sendiri.

    Good luck

    ReplyDelete
  43. Hallo, kenalin aku Sagita :)
    mau nanya mas, apakah jurusan yang kita pilih harus sesuai dengan jurusan kita saat ini atau boleh beda? Oia, aku boleh lihat contoh surat rekomendasi yang maspunya?? baiknya rekomendasi dari siapa aja ya?
    Ditunggu responnya ya
    thankss :)

    ReplyDelete
  44. @Sagita,

    Untuk jurusan nanti diprogram tidak harus sesuai dengan jurusan mu sekarang. Untuk surat rekomendasi itu sifatnya privasi, jadi kamu pun nanti tidak boleh melihat surat rekomendasi yang diberikan oleh pemberi, harus dimasukkan kedalam amplop nanti. Biasanya yang dimintai surat rekomendasi adalah satu dari guru sma mu dan 2 dari dosen.

    Semoga menjawab,

    Good luck.

    ReplyDelete
  45. Hi mas... Salam kenal saya Rahmi
    jika saya boleh tahu, standar iBT Aminef brp kira2 ya mas?
    dan skornya Mas dlu berapa ya? Jika saya boleh tahu... thanks

    ReplyDelete
  46. Hi mas... Salam kenal saya Rahmi
    jika saya boleh tahu, standar iBT Aminef brp kira2 ya mas?
    dan skornya Mas dlu berapa ya? Jika saya boleh tahu... thanks

    ReplyDelete
  47. Hi Media,

    Sorry for this late reply.
    Tidak ada standar pasti sih, tapi nampaknya 60 keatas sudah aman. deh.
    Saya sih kemarin 86.

    Semoga membantu ya, good luck.

    ReplyDelete
  48. hai kak wayan, aku dina

    kakak alumni ugrad tahun 2012 ya?

    ReplyDelete
  49. Hi Dina,

    Iya benar, aku angkatan 2012 kemarin heheh.

    ReplyDelete
  50. Halo Kak, namaku Saras.

    Kak, sebelumnya makasih banget buat tulisannya, bagus banget dan informatif banget :)

    ada beberapa hal yg mau aku tanyain, boleh ya kak :)

    1. Aku mahasiswa kedinasan kak, menurut kakak ada kesempatan utk lolos baik dari kampusku atau pun dr aminef nya ga ya?

    2. Transkrip apa aja yg harus di translate ke english dan bagaimana sih cara translate itu kak?

    3. Bagaimana sih format surat rekomendasi kak?

    4. Minta tips ttg nulis self description dong kak, kira2 apa aja yg perlu ditulis dan diceritakan, dan baiknya formatnya formal atau agak santai boleh?

    makasih banyak kak sebelumnya, semoga mendapat balasan dari yang maha kuasa :)

    ReplyDelete
  51. Maaf ya Saraswati baru bisa balas pertanyaannya.

    1. Sangat ada, nampaknya tidak ada masalah walaupun dari kedinasan.

    2. Transkrip nilai dan dokumen lain yang nanti akan dimintakan oleh pihak dari AMINEF. Untuk translatenya bisa di Lembaga kursus English yang menyediakan jasa untuk translate tersumpah.

    3. Formatnya tidak ada, tergantung keinginan dari pemberi/pembuat surat. Ada juga kemungkinan format ditentukan oleh AMINEF.

    4. Perihal apa yang telah kamu lakukan, kenapa kamu cocok untuk program ini, apa feedback yang dapat kamu berikan, dan prestasi yang telah kamu capai sampai saat ini. Sedikit santai juga tidak apa-apa.

    Good luck.

    ReplyDelete
  52. halo mas, nama saya janet. mau tanya dong.

    1. apakah secondary school itu ditulis nama SMP dan SMAnya?

    2. maksudnya GPA untuk secondary school? berarti kita masukin nilai ijazah waktu SMP dan SMA yah?

    3. apakah wajib untuk men-translate ijazah SMP dan SMA ke dalam bahasa inggris?

    thanks a lot :)

    ReplyDelete
  53. Halo Bang I Made

    Saya mau bertanya, berhubung UGRAD kali ini tutup Februari, jadi status semester 5 bergeser ke semester 6. Terkait redaksi eligibility yang bilang "...have completed their first semester and up to their sixth semester" berarti mahasiswa semester 5 ke 6 masih bisa daftar kan ya? Terima kasih

    ReplyDelete
  54. Halo Janet,

    Berikut jawaban dari saya:

    1. Iya.

    2. Iya, Izajah SMP dan SMA.

    3. Wajib.

    Sama-sama, good luck ya!

    ReplyDelete
  55. Halo Nita,

    Dari ketentuan tersebut, nampaknya mahasiswi/a semester 6 masih bisa ikut.

    Btw, nama saya I Wayan, bukan I Made. Heheh...

    Good luck!

    ReplyDelete
  56. Hai kak . Boleh minta contoh surat rekomendasinya? Tolong di email ke fatimahsyahra@hotmail.com ya kak .maaf request .heheh

    ReplyDelete
  57. Hai Kang Wayan

    Alhamdulillah saya sudah submit semua berkas. Namun ada 1 yang mengganjal yaitu surat rekomendasi. Saya minta dibuatkan tapi seperti banyak dosen lain, dia minta balik ke saya dan dia tinggal review dan edit.

    Berdasar pengalaman, terkait rekomendasi ini gimana ya? sayang sekali rasanya kalo esai dan berkas lain jadi didiskualifikasi gara-gara rekomendasi bermasalah. Terima kasihhhhh

    ReplyDelete
  58. @Syahra, kalau untuk surat rekomendasi, itu tidak ada formatnya. Akan ditentukan oleh pemberi rekomendasi sendiri. Good luck ya!

    ReplyDelete
  59. @Vicole,

    Halo,

    Terkadang hal tersebut memang terjadi. Oleh karenanya pemberi rekomendasi harus di berikan penjelasan sehingga dapat mengerti bahwa surat rekomendasi memang harus dibuat oleh pemberi rekomendasi. Dalam kasus kebanyakan, biasanya pemberi rekomendasi akan mengerti.

    Good luck ya untuk aplikasinya!

    ReplyDelete
  60. kak aku dapet email undangan interview di jakarta tanggal 17 feb. tips buat interview nya dong? sama berapa standard toefl ibt yang ditetapkan aminef? waktu itu kak dapet score berapa? makasih

    ReplyDelete
  61. Hi there!

    Untuk interviewnya bisa dibaca disini ya! http://www.kakangweb.net/2015/02/faq-seputar-interview-beasiswa.html

    Biasanya tidak ada standar yang pasti, skor saya dulu lumayan.

    Good luck ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengumuman yg lolos ke babak TOEFL iBT biasanya berapa lama kak? Aku udah interview kemaren...

      Delete
  62. bang, saya mau nanya kalau saya daftar dokumen y tgl 10 kemarin masih valid dan masih bisa di verifikasi kah ? kalau bisa kapan ya pengumuman lolos tidaknya, soalnya saya masih bingung, kawan-kawan ada yang sudah interview ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nampaknya untuk yang tahun ini, hasil dari pelamar yang lolos sudah diumumkan. Tetap semangat ya!

      Delete
  63. kang maaf nih mau tanya,, cara pengisian GPA sama RANK trs yg total CGPA sama RANK nya gimana yang buat UNDERGRADUATE ,,, saya belum paham habisnya ini juga buat KGSP ,,, mohon bantuannya terima kasih kang

    ReplyDelete
  64. Halo Gina,

    Untuk pengisiannya, biasanya untuk GPA digunakan yang IP sekarang, sedangkatn yang CGPA itu IPK secara keseluruhan. Untuk penjelasan lebih lengkap dan tepat sila langsung hubungi AMINEF ya, all the best for you!

    ReplyDelete
  65. Kang Wayaan, apa TOEFL nya harus iBT? Kalau PBT boleh kah? Terimakasihh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pamela, saran saya lebih baik menggunakan IBT. Good luck!

      Delete
  66. terimakasih atas infonya mas. oh ya universitas yang bisa dipilih apa aja ya?

    ReplyDelete
  67. @Rowi, untuk Universitas sepengetahuan saya nanti akan dipilihkan oleh World Learning. Good luck!

    ReplyDelete
  68. Mas boleh saya minta tolong? Saya mau tanya masalah dokumen2 yg harus di siapkan untuk apply global ugrad. Kalo boleh minta, tolong di jelaskan secara rinci bagaimana mendapatkan masing2 dokumen tsb berdasarkan pengalaman yg sudah mas dapatkan. Email saya fathifalah16@gmail.com
    Terima kasih banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokumen sudah dijelaskan diatas. Kalau ada pertanyaan yang spesific silakan ya. Good luck!

      Delete
  69. Bang untuk yang dari luar jawa, tiket untuk interview ke jakarta di tanggung gk yah? wkwkwk

    ReplyDelete