7.26.2012

Passion in Scholarship

oleh : I Wayan Alit Sudarsana*


Passion bagi sebagian orang merupakan bagian yang tak terlupakan dalam hidup mereka. Memang nyatanya disadari atau tidak passion merupakan bagian dari kehidupan. Contohnya saja kawan-kawan saya, mereka memiliki beragam passion dalam kehidupan masing-masing, pada beberapa kesempatan seorang kawan bercerita bahwa ia memiliki passion in language¸ ada juga yang mengatakan memiliki passion in nationalism, internationalism, bahkan seorang kawan memiliki passion in aviation.



Tidak mau ketinggalan, saya sendiri juga memiliki passion ^^. Passion sulit dijabarkan memang, namun ada satu passion yang ingin saya ceritakan disini yaitu passion in Scholarship. Kecintaan saya akan dunia scholarship mulai tumbuh sekitar tahun 1999, pada waktu itu saya masih duduk di kelas tiga SD. Saya masih ingat sekali guru bahasa Indonesia saya mendatangi saya yang kala itu tengah membaca buku tepat di pintu keluar masuk ruang kelas (kedengaran terlalu rajin untuk seorang anak kelas tiga SD ?, but trust me that’s happened).
Mulai saat itulah tumbuh rasa cinta saya ke scholarship, karena meskipun kala itu saya belum mengerti artinya, ketika saya bilang ke orang tua saya bahwa “ Bu, Tiang** dapat beasiswa di sekolah” tiba-tiba saja Ibu yang kala itu sedang memarahi saya karena suatu sebab bisa tersenyum dan senang. Sontak saja ini membuat saya nyengir, ternyata kata “beasiswa” merupakan senjata ampuh untuk terlepas dari cengkraman Ibu saya. Hehe .

Waktu terus bergulir, tibalah masa-masa remaja saya (kok mulai kayak novel ya?). Saya berhasil mendapatkan beasiswa selama saya SD dan juga SMP. Namun, ketika mulai masuk SMA, saya mulai bertanya akankah beasiswa akan tetap setia menemani perjalanan saya ? hehe. Munculah jawaban atas pertanyaan saya, disaat kakak-kakak dari Putera Sampoerna Foundation (PSF) datang memberikan sosialisasi ke SMA saya, kakak-kakak dari PSF dengan senang hati mengenalkan saya akan beasiswa yang diberikan oleh PSF dengan requirement tertentu. Setelah melalui suatu rangkaian proses seleksi akhirnya saya berhasil bergabung di keluarga besar PSF. Menjadi bagian dari keluarga besar PSF merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi saya, suatu hal yang terus saya rasakan sampai sekarang. PSF memberikan saya pengertian akan pentingnya pendidikan dan juga penuh gunanya sistem Scholarship untuk membangun dunia pendidikan di Indonesia. Singkat cerita, PSF pun akhirnya mengantarkan saya melewati gerbang SMA. 

Memasuki college life, rasa syukur sangat saya panjatkan kehadapan Tuhan ketika masih diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga besar PSF, dengan mendapatkan beasiswa Astro Kasih – PSF, untuk menyelasikan studi saya di Fakultas Hukum Universitas Udayana, Bali. 

Disinilah sekarang saya berada, beberapa hari lagi saya akan mengikuti Global Undergraduate Exchange Program (Global Ugrad). Sebuah program yang dibiayai oleh Departement of State, Amerika serikat dan World Learning untuk melakukan studi di University of Utah, USA, pada bidang Hukum dan hubungan internasional selama satu tahun akademik. Mampunya saya melewati tahapan seleksi program ini juga tidak terlepas dari motivasi yang diberikan oleh keluarga besar saya di PSF. 

Cerita saya diatas merupakan salah satu bagian dari Passion in Scholarship saya, tentunya masih banyak bagian dan cerita seru perihal scholarship dimana PSF menjadi tokohnya belum tersampaikan pada kesempatan ini, namun mudah-mudahan dapat saya share in the near future. Bagi kawan-kawan yang tengah membaca tulisan saya ini, tentukanlah Passion kawan-kawan mulai dari sekarang, berjuang, belajar dan bekerja keraslah sembari tetap berdoa untuk mewujudkan passion tersebut. “ Passion in scholarship is a real good way in achieving the passion in Life” 

__________________________________________

*Penulis merupakan penerima beasiswa PSF dari tahun 2007 sampai sekarang. Kini tengah melanjutkan studi hukum dan hubungan internasional di University of Utah, USA. 

**Tiang merupakan kata dalam bahasa Bali yang berarti Saya. 

***Penulis dapat dihubungi di email : w(dot)sudarsana(at)gmail(dot)com atau di KakangWeb(dot)net
Share:

2 comments:

  1. bang2 mau tanya kemaren nagmbil pilihan course apa aja di global ugrad?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey, kemarin saya yg berkenaan dengan hubungan dan hukum internasional. Good luck!

      Delete