6.01.2010

Belajar Home Recording Part 1. Apa itu Home Recording?

Apakah Anda adalah seorang yang memiliki bakat dalam menyanyi ataupun memiliki bakat dalam memainkan salah satu alat musik? Atau apakah Anda merupakan seorang penulis lagu yang ingin membuat cd rekaman? Atau mungkin Anda memiliki band sendiri tetapi tidak mempunyai uang untuk menyewa studio rekaman komersial?

Untuk semua pertanyaan diatas, home recording adalah jawabannya. Namun akan muncul lagi sebuah pertanyaan baru, apa itu home recording? Home recording adalah sebuah term ataupun sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan sebuah studio kecil yang dimiliki oleh peroranggan atau individu yang biasanya berada di kamar empunya masing-masing.
Mungkin 30 tahun yang lalu, masih sangat jarang ada band-band indie yang bisa merekam lagunya sendiri, karena pada saat itu, rekaman atau tepatnya studio rekaman masih merupakan tempat yang angker dan sekaligus mewah untuk para musisi, apalagi ditambah dengan alat-alat yang digunakan, yang semuanya masih berjenis analog, jadi semuanya alatnya masih sangat besar-besar.

Namun, seperti yang dapat semua teman-teman lihat, dengan adanya kemajuan teknologi yang begitu pesat, yang mengakibatkan mulai berkembangnya dunia digital, membuat sebuah sejarah baru dalam dunia rekam-merekam. Sekarang ini kita dapat mengkonversi studio rekaman yang begitu besarnya ke sebuah meja kecil di kamar tidur kita atau bahkan hanya ke satu buah alat saja.

Dengan adanya home recording ini bisa membantu para musisi untuk merekam lagu atau musik mereka sendiri. Dari yang hanya iseng-iseng sampai ke tahapan yang pro pun bisa kita lakukan dengan home recording. Mulai dari recording itu sendiri, mixing bahkan sampai mastering pun dapat kita lakukan sendiri.

Bagaimana menarik bukan? Namun seperti biasanya ada hal-hal yang harus kita persiapkan dan kita pelajari untuk membuat studio kecil kita dirumah, oleh karena itulah pada artikel saya selanjutnya saya akan membahas lebih jauh tentang home recording ini, sambil saling berbagi pengalaman. Salam Damai
Share:

0 comments:

Post a Comment