5.30.2010

Belajar Home Recording Part 2. Mengenal tipe/jenis system recording.

Menyambung postingan saya yang pertama tentang home recording, pada kesempatan yang berbahagia ini, sebelum kita membuat studio kita sendiri. Kita akan berkenalan terlebih dahulu terhadap jenis ataupun tipe system rekaman itu sendiri. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu home recording, bisa melihat artikel saya yang ada disini.

Pada dasarnya, system rekaman itu dibedakan menjadi tiga kategori besar, yaitu sebagai berikut:

a. Studio In A Box (SIAB) Systems, dalam system yang pertama ini, semua alat-alat yang nantinya kita butuhkan dalam rangka rekaman sudah tersedia dalam sebuah kotak (sesuai dengan namanya). Sehingga bagi Anda yang berminat menggunakan system ini tidak perlu lagi memikirkan peripheral yang lain (kecuali sound card, monitor, dan input devices). Sistem ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997, tepatnya pada saat Roland mengeluarkan produk SIABnya yang pertama yaitu, Roland VS-880.

Pada saat artikel ini ditulis ada banyak sekali perusahaan yang memproduksi studio dalam kotak ini, misalnya saja Boss, Yamaha dan Tascam. Bagaimana tertarik untuk mencoba?

b. Computer-based Systems atau Sistem rekaman yang berdasarkan computer. Dalam system yang kedua ini, Anda akan menghabiskan waktu Anda untuk memandangi computer atau laptop Anda, dalam system ini mau tidak mau Anda harus menggunakan berbagai macam software yang nantinya akan Anda gunakan untuk menghasil rekaman Anda sendiri. Nah, system ini akan diterangkan lebih lanjut pada postingan saya selanjutnya.

c. Stand-alone System, berbeda dengan dua system rekaman yang sudah saya sebutkan diatas, system rekaman yang terakhir ini tidak memadukan alat-alat rekaman menjadi satu alat praktis, tapi masih menggunakan alat-alat sendiri-sendiri, jadi mirip dengan system rekaman yang digunakan para musisi jaman dahulu kala. Karena semua alat-alatnya satu-satu alias terpisah, alhasil biaya yang diperlukan untuk membangun system rekaman ini pun relative lebih mahal dari dua system yang sudah saya sebutkan diatas.


Nah, sekarang saatnya untuk Anda memilih system rekaman yang seperti apa yang paling cocok untuk Anda. Salam Damai
Share:

0 comments:

Post a Comment