5.30.2010

Belajar Home Recording Part 4. Memilih computer untuk home recording.

Seperti yang sudah saya janjikan dalam artikel saya sebelumnya yang berjudul “Mengenal lebih jauh computer-based DAW Systems”, pada artikel saya kali ini saya akan membahas lebih jauh tentang memilih computer yang pas untuk home recording.

Dalam memilih computer yang akan digunakan untuk recording, ada beberapa hal yang layak untuk diperhatikan, yaitu:


a. CPU (Central Processing Unit), mungkin Anda semua sudah mengetahui apa saja bagian dari computer, salah satunya adalah CPU, sesuai dengan namanya, CPU ini merupakan otaknya computer, sehingga kualitas dari CPU ini merupakan tolok ukur dari computer yang Anda miliki (atau yang Anda akan beli). Khusus untuk computer yang akan digunakan untuk keperluan home recording, memang memiliki spesifikasi yang agak berbeda. Untuk mereka yang hanya sekada belajar recording, computer standar dengan menggunakan Pentium IV sudah bisa untuk digunakan, namun bila Anda bersungguh-sungguh untuk hidup dari dunia recording, computer (baik itu MAC maupun PC) dengan multi processors layak Anda pertimbangkan

Karena hal ini akan sangat membantu Anda, ketika akan menjalankan software yang Anda pilih, karena biasanya software untuk recording memakan resource computer Anda lebih banyak bila dibandingkan dengan software lainnya. Hal ini juga akan mempengaruhi kecepatan Anda bekerja, misalnya pada saat membuat rekaman dengan multiple tracking atau pada saat rendering rekaman Anda ke format yang Anda inginkan.


b. RAM (Random Access Memory), hal yang satu ini juga merupakan yang penting dalam computer Anda. Biasanya software recording menyarankan Anda memiliki jumlah RAM setidaknya 512 MB, tapi disini saya menyarankan Anda memiliki lebih dari itu, misalnya saja 2 GB atau bahkan lebih. Dengan demikian Anda akan lebih leluasa untuk bekerja dengan multitasking pada computer Anda.


c. Hard drive, sudah merupakan hal pasti, setelah Anda selesai merekam ataupun selesai dengan lagu pertama Anda, Anda akan menyimpannya, disinilah Hard drive diperlukan. Biasanya hard drive sudah langsung terintegrasi dengan system computer Anda pada saat Anda membelinya. Namun begitu, tetap perlu diperhatikan kualitas dari hard drive Anda. Pertama cek dulu kapasitas yang dapat ditampungnya, ada yang bisa menampung 40 GB bahkan sampai 800 GB. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda, namun saran saya, hard drive dengan kapasitas 80 GB atau lebih sedikit sudah cukup untuk menyimpan file-file hasil rekaman Anda.

` Kedua, perhatikan juga kecepatan read and write dari hard drive yang Anda akan beli, hal ini akan berpengaruh saat Anda bekerja (misalnya menyalin ke tempat penyimpanan yang lain) dengan file-file besar dalam hardrive Anda.

Dibawah ini saya berikan tabel perbandingan spesifikasi computer standar dengan computer yang akan Anda gunakan untuk keperluan home recording.

Spesifikasi Standar Spesifikasi yang direkomendasikan
CPU Pentium IV 500 MHz Multiple Processors
RAM 512 MB 2 GB atau lebih
Hardrive 40 GB 80 GB atau lebih
Resolusi 800 x 600 1280 x 1024 atau lebih
Audio interface Windows original hardware Pro. Audio interface with ASIO driver

Khusus untuk Audio interface akan dibahas pada artikel selanjutnya. Salam Damai

Share:

0 comments:

Post a Comment