5.30.2010

Belajar Home Recording Part 3. Mengenal lebih jauh Computer-based DAW system.

Sesuai dengan namanya dan sesuai juga dengan sekelumit penjelasan saya tentang system ini pada artikel sebelumnya (yang ada disini), system recording yang berbasiskan computer memerlukan software dan juga hardware yang harus dipersiapkan sebelum memulai proses rekaman.

Nah, dibawah ini merupakan rincian dan juga gambaran hal-hal yang perlu Anda siapkan untuk membangun system rekaman dengan berbasiskan computer:

a. Komputer, nah ini dia induk dari system rekaman Anda nantinya, dalam system ini computer Anda sangat memegang peranan, karena disinilah nantinya Anda akan menginstall software-software yang Anda butuhkan dalam proses rekaman, dan juga merupakan tempat untuk menghubungkan hardware dan peripheral lainnya saat proses rekaman nanti. Karena menimbang fungsinya yang fundamental, pembahasan tentang computer yang pas untuk recording akan dibahas pada artikel tersendiri.

b. Sound card, tidak dapat dipungkiri lagi, untuk dapat menghasilkan rekaman yang bagus dan tentunya enak didengar, diperlukan juga sebuah sound card yang bagus juga. Apa itu sound card dan apa fungsinya? Untuk menjawab pertannyaan itu, Anda bisa membaca artikel saya yang khusus membahas tentang sound card for recording.
c. Software DAW (Digital Audio Workstation), nah ini merupakan bagian yang menurut saya paling menarik, dalam system recording ini, software juga memegang peranan penting, namun ada hal yang perlu diperhatikan disini.

Pertama, telitilah dalam mencari software, terdapat banyak sekali software yang tersedia dewasa ini, dari banyak software tersebut carilah yang memiliki user interface yang ramah (yang mudah dimengerti).

Dengan user interface yang jelas (dan menarik) akan mendorong dan membuat kita lebih tertarik belajar recording dengan menggunakan software tersebut. Kedua, carilah software yang memiliki support dan juga komunitas yang besar, karena akan ada saat dimana pengguna (user) memiliki masalah berkenaan dengan software tersebut yang tidak dijelaskan dalam manualnya. Nah, support dan komunitas ini bisa dalam bentuk blog si developer, update (dan juga bug fix) yang teratur untuk software tersebut, dan juga perkumpulan pengguna software tersebut (misalnya dalam bentuk forum).

Ketiga, karena disini saya sama sekali tidak menganjurkan Anda untuk menggunakan software bajakan, maka perhatikanlah juga harga dari software yang Anda beli, karena ada software yang sangat mahal harganya padahal tidak memiliki fitur yang tidak begitu lengkap bila dibandingkan dengan software yang memiliki harga lebih murah.

Masa trial software tersebut juga layak untuk diperhatikan, karena untuk mencoba software mana yang pas buat Anda, tidak mungkin Anda membeli semua software tersebut ( kecuali Anda memetik uang, he he). Oleh karennya cobalah mencari software yang masa trialnya lumayan lama (sekitar sebulan atau lebih), dan memiliki fitur yang full dalam masa trialnya, sehingga Anda bisa menguji kemampuannnya. Salam Damai
Share:

2 comments: