4.22.2009

Panduan Lengkap Blankon 5.0 (Nanggar)


Mungkin sebagian orang sudah tahu tentang keberadaan Open Source di Indonesia, namun masih banyak yang belum tahu tentang Blankon. Blankon merupakan sebuah operatins system turunan dari Ubuntu yang dikembangkan sendiri oleh anak-anak Indonesia.

Tidak beberapa lama lagi (kira-kira akhir bulan april) Tim Blankon Indonesia akan merilis versi Blankon terbarunya, yaitu Blankon 5.0 yang diberi code name Nanggar. Pada versi yang akan datang ini, Blankon akan menggunakan Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope sebagai dasarnya.

Blankon 5.0, nantinya akan menjadi sebuah operating system yang sangat ramah terhadap penggunanya, terutama bagi orang Indonesia, karena operating system ini akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa systemnya. Sehingga akan sangat cocok bila digunakan oleh orang Indonesia sendiri, khususnya bagi mereka yang masih awam dengan komputer.

Akan banyak sekali kemudahan yang akan didapat bila kita menggunakan Blankon atau mungkin system operasi linux yang lain. Salah satu manfaat yang paling kelihatan ialah “kelegalan” karena linux bersifat open source makanya system operasi ini bersifat gratis, dan tentunya dapat didistribusikan dan diguanakan oleh siapa saja.

Selain itu, kita sebagai masyarakat yang baik, harus dapat mendukung pemerintah dalam salah satu programnya yaitu IGOS (Indonesia Go Open Source). Karena bila hal ini dapat tercapai, maka Negara kita tidaka akan di cap lagi sebagai Negara yang bisanya cuma menggunakan barang bajakan saja.

Oleh karena itu, bersamaan dengan rilisnya versi terbaru dari Blankon ini, akan diikuti juga dengan penulisan buku yang berjudul Panduan lengkap Blankon 5.0 (Nanggar), dengan buku ini diharapkan agar para pengguna Blankon nantinya, memiliki panduana lengkap tentang tata cara penggunaan Blankon dalam kegiatan sehari-harinya.


Share:

0 comments:

Post a Comment