4.21.2009

Instalasi LXDE Desktop pada Blankon.

Jika kita lihat dari segi pustaka yang digunakan akan terlihat kesamaan antara LXDE, GNOME maupun Xfce yaitu sama-sama menggunakan GTK+ 2. Namun, jika dibandingkan kedua desktop tersebut, LXDE jauh lebih ringan dan sangat cocok untuk komputer spesifikasi rendah. Jadi bagi yang menginginkan kinerja lingkungan desktop yang lebih cepat maka LXDE adalah salah satu jawaban yang paling tepat.

Pada bahasan kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya memasang lingkungan desktop LXDE pada Blankon, yaitu sebagai berikut:

1. Hal pertama yang harus dilakukan ialah menambahkan repository lingkungan desktop LXDE pada file sources.list yang kita miliki, yaitu dengan mengetikkan perintah berikut ini pada terminal.
$sudo gedit /etc/apt/sources.list
Kemudian bila hal tersebut telha dilakukan, dan file sources.list telah terbuka dengan baik, maka sekarang copy-lah repository di bawah ini:
deb http://ppa.launchpad.net/lxde/ubuntu intrepidmain
deb-src http://ppa.launchpad.net/lxde/ubuntu intrepid main
*untuk jenis rilis ubuntu lainnya, cukup anda ganti intrepid sesuai dengan rilis ubuntu yang anda gunakan.
2. Bila hal tersebut telah dilakukan, langkah selanjutnya ialah melakukan index repository dan diakhiri dengan menginstall lxde, dengan mengetikkan perrintah berikut ini pada terminal:
$sudo apt-get update && sudo apt-get install lxde
3. Kemudia logout-lah system Anda dan pilih lxde pada session GDM Anda.
Share:

0 comments:

Post a Comment