2.22.2009

Konfigurasi dict di Stardict


Serperti penjeleasan saya yang terdapat di postingan saya yang disini, kita dapat mengetaui bersama bahwasanya stardict merupakan sebuah kamus bahasa yang sangat lengkap dalam penggunaannya, pada postingan saya yang kali ini saya akan membahas bagaimana caranya agar dapat menkonfigurasi dict yang tidak terdapat dalam repo dari masing-masing distro.


Dalam artian kita harus melakukan download langsung dari situs penyedianya. Sebelum melakukan proses konfigurasi, sebelumnya teman-teman harus melakukan proses installasi terlebih dahulu, bagi teman-teman yang belum tahu cara installasinya, bisa membaca postingan saya yang terdapat disini. Pertama yang harus teman-teman lakukan adalah mendownload file dict yang teman-teman inginkan. Setelah mendownloadnya ( biasanya dalam format *.tar.gz) exstractlah semua data yang terdapat dalam file tersebut di sebuah folder, anggap saja, teman-teman menaruh file tersebut di Desktop teman-teman, untuk mengekstraknya, teman-teman dapat mengetikkan perintah berikut ini di terminal.

# tar -xvjf nama_archieve.tar.gz /home/user_account/Desktop/kamus

Setelah semuanya berhasil di ekstract dengan sempurna, sekarang copy-lah folder kamus tadi ke folder library stardict, yang terdapat di /usr/share/stardict/dic.

Kemudia langkah terakhir ialah, me-restart stardict teman-teman. Kemudian kamus baru-pun siap untuk digunakan.

Selamat mencoba...

Share:

0 comments:

Post a Comment