1.24.2009

Ubah resolusi Usplash di Ubuntu

Pagi semuanya, pada kesempatan kali ini kakang akan memberikan tips kepada teman-teman linuxer, tentang bagaiman caranya mengubah resolusi Usplash distor Ubuntu yang teman teman miliki. Sebenarnya ada dua cara untuk dapat merubah resolusi dari Usplash teman-teman, cara yang pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi dan cara yang kedua dengan menggunakan command line. Untuk kali ini kita akan membahas kedua cara diatas.


Untuk cara yang pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi cara sangatlah mudah. Pertama teman-teman harus menginstall aplikasi yang bernama startup manager. Aplikasi ini dapat teman-teman install dari repository yang sudah teman-teman miliki. Buka aplikasi add and remove program, kemudia install aplikasi startup manager, jika aplikasi tersebut telah terinstall dengan baik, maka bukalah aplikasi tersebut di System>>Adiministration>>Startup Manager. Untuk mengubah Resolusi Usplash, masuklah ke tab Display dan pada bagian Resolution carilah resolusi yang teman-teman inginkan, dan kemudia klik OK.

Untuk cara kedua yaitu menggunakan terminal atau berdasarkan command line. Ini sangatlah bermanfaat bagi mereka yang tidak memiliki repository, atau mungkinn tidak memiliki koneksi internet. Pertama bukalah terminal teman-teman dan ketikkan perintah di bawah ini.

# sudo gedit /etc/usplash.conf
# **** (masukkan password untuk root)

Jika sudah, maka dengan sendirinya akan terbuka jendela gedit, dan pada bagian seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah, ubahlah resolusinya sesuai dengan yang teman-teman inginkan, misalnya saja 1280*1024.



Terakhir, simpanlah file tersebut, dan restart. Maka teman-teman akan melihat tampilan Usplash yang baru.

Share:

0 comments:

Post a Comment