1.22.2009

Cara install font di linux (Part 1)

Font merupakan sebuah hal yang sangat penting di dunia komputer, kita tidak akan dapat melakukan pekerjaan kita di komputer tanpa adanya font. Apalagi bagi mereka yang bekerja dibidang Design atau semacamnya, pasti akan memerlukan banyak macam dan tipe font tertentu.

Beberapa hari yang lalu saya mendapati teman saya yang beru saja migrasi ke linux, mengeluh karena dia tidak dapat menggunakan font-font yang sebelumnya sudah sering ia pergunakan di Operating System yang lain yaitu Windows. Oleh karena hal itulah saa berpikir untuk membuat tutorialnya saja, agar dapat dibaca oleh orang-orang yang sedang membutuhkannya.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat kita gunakan untuk dapat menginstall font di linux, salah satunya adalah menginstall nya dari repositori masing-masing distro yang bersangkutan. Untuk para pengguna ubuntu dapat mengetikkan perintah berikut ini di terminal untuk dapat meninstall font default yang tedapat di operating system windows.

#sudo apt-get install msttcorefonts

Dengan mengetikkan perintah tersebut di layar windows, maka dengan sendirinya, system akan menginstall font default yang tedapat di windows di ubuntu teman-teman. Nah bagi teman-teman yang ingin menginstall font tambahan dengan cara-cara yang berbeda, dapat membaca postingan saya yang ada disini.

Share:

0 comments:

Post a Comment