1.22.2009

Cara install font di linux (Part 2)

Untuk cara yang kedua ini memang agak berbeda dari cara pertama yang saya berikan, dan memang terkesan aga lebih mudah dari cara sebelumnya. Bagi teman-teman yang belum sempat membaca postingan saya sebelumnya dapat membacanya disini.

Memang ada banyak jalan menuju roma, dan begitu pula dalam hal menginstal font di linux. Bila teman-teman ingin menginstall font di linux yang tidak terdapat di repository masing-masing distro yang teman-teman gunakan, caranya sangatlah mudah yaitu sebagai berikut.

Pertama, teman-teman harus mempersiapkan font yang akan teman-teman install di sebuah folder tertentu, kita ambil contoh disini, folder tersebut kita namai saja fonts. Nah, kemudia langkah selanjutnya ialah teman-teman harus mengcopy folder tersebut dengan nama .fonts (perhatikan “tanda titik” di depan kata fonts) dan simpanlah folder tersebut di home directory teman-teman. Untuk dapat melakukannya biasanya teman-teman harus dapat mengakses account root terlebih dahulu. Hal ini juga dapat dilakukan melalui terminal, yaitu dengan perintah sebagai berikut (anggap saya menaruh folder tersebut di Desktop):

# sudo cp -r /home/YOUR_ACCOUNT/Desktop/fonts /home (perintah untuk mengcopy folder)
# sudo mv /home/fonts /home/.fonts (perintah untuk merename fodler)

Perhatikan bahwa di setiap akhir dari perintah diatas akan selalu di akhiri dengan menekan tombol Enter. Nah bila teman-teman sudah melakukannya dengan benar, maka sekarang teman-teman sudah dapat font yang baru saja telah teman-teman install.

Share:

0 comments:

Post a Comment