1.25.2009

Ayo coba KDE 4.2 beta di Ubuntu

Bagi teman-teman yang gemar dengan menggunakan linux, tapi tidak ingin kalah dalam hal penampilan mungkin tutorial saya kali ini akan menjadi suatu hal yang menarik. Pernah dengar KDE, saya pikir bagi semua orang orang yang pernah menggunakan linux pasti akan tahu tentang hal yang satu ini. KDE merupakan salah satu jenis tampilan desktop yang dapat dipilih oleh para pengguna linux, selain ada GNOME dan juga XFCE. Dari ketiga jenis pilihan tadi, memang yang paling indah di pandang mata ialah KDE.

Apalagi sekarang dirilisnya KDE versi 4.2 beta, akan menambah meriah tampilan desktop teman-teman. Walaupun masih dalam versi beta, pertama kali saya mencobanya, saya langsung terpesona dengan keindahannya, dan yang lebih penting disini ialah KDE versi 4.2 jauh lebih cepat dari pada versi pendahulunya yaitu KDE 4.1 yang jauh lebih lemot di laptop saya.

Bagaimana, sudah tidak sabar lagi untuk bisa mencobanya? Tunggu dulu, sebelum teman-teaman mencobanya, ada baiknya teman-teman lihat dulu screenshot nya berikut ini.



v






Untuk dapat menginstall KDE 4.2 di Ubuntu, caranya sangatlah gampang, yaitu sebagai berikut. Pertama teman-teman harus mengedit repository yang teman-teman miliki dengan menambahkan repository dari KDE 4.2 itu sendiri, dengan cara menjalankan perintah berikut ini di dalam terminal.

# sudo gedit /etc/apt/sources.list

Kemudian tambahkanlah baris berikut ini, di akhir dari pengaturang source tersebut.

deb http://ppa.launchpad.net/project-neon/ubuntu intrepid main

Kemudian save lah dokumen tersebut, sekarang langkah selanjutnya adalah kembali ke terminal dan ketikkanlah perintah berikut ini.

# sudo apt-get update

Kemudian untuk dapat menginstall KDE 4.2 ini maka teman-teman harus mengtikkan perintah berikut ini di dalam terminal.

# sudo apt-get install kde-nightly

Sekarang tunggulah sampai instalasi selesai dilakukan (pastikan laptop atau PC teman-teaman sudah terhubung dengan internet) hal ini bisa memkan waktu sekitar 30 menit atau mungkin lebih.

Langkah terakhir untuk dapat menikmati desktop KDE 4.2 yang baru aja teman-teman install caranya adalah sebagai berikut. Pertama logout dulu dari session yang aktip dengan menekan kombinasi tombol
ctrl+alt+backspace, kemudian klik pada pilihan option atau tekan F10, dan pilihlah pada bagian session, kalau sudah, pilihlah KDE Nightly, sebagai session teman-teman dan klik change session. Kemudian masukkan username dan password seperti biasa.

Tarram... teman-teman sudah dapat menikmati KDE 4.2 yang baru saja teman-teman install.

Share:

0 comments:

Post a Comment